Gunakan Kapal Patroli Polisi Palue XXII-3006, Ditpolairud Polda NTT Kunjungi Wilayah Pesisir Mabar Imbau Warga Bersama Jaga Kamtibmas

Gunakan Kapal Patroli Polisi Palue XXII-3006, Ditpolairud Polda NTT Kunjungi Wilayah Pesisir Mabar Imbau Warga Bersama Jaga Kamtibmas

Tribratanewsntt.com - Personel Ditpolairud Polda NTT terus tingkatkan kegiatan patroli di wilayah pesisir untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para masyarakat nelayan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Seperti yang dilakukan oleh personel yang bertugas di KP.P PALUE XXII-3006 dipimpin Bripka Yeskial Lifu bersama dua rekan anggota lainnya menyambangi Masyarakat Pesisir perairan Kampung Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Sabtu (5/2/2022).

Dalam kesempatan tersebut, personel Ditpolairud Polda NTT melakukan pemantauan terhadap aktivitas masyarakat baik di daerah pesisir maupun yang sedang melakukan aktivitas menangkap ikan.

Masyarakat diimbau untuk bersama dengan pihak Kepolisian dalam menjaga kamtibmas dengan tidak melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan bahan Potasium karena dapat merusak ekosistem bawah laut.

"Kepedulian dan kesadaran masyarakat sangat penting demi menjaga kelestarian habitat ikan dan ekosistem Lainnya", ujar Bripka Yeskial Lifu.

Menurutnya, pengawasan dalam bentuk patroli rutin di wilayah pesisir akan terus dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan adanya aktivitas yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

"Dengan patroli ini, adanya jalinan komunikasi yang baik antara polisi dengan para nelayan itu diharapkan bisa meminimalkan kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas, baik saat berada di perairan maupun di daratan", harapnya.

Selain itu, Personel Patroli juga mengimbau agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah diantaranya gunakan masker ketika bepergian ke luar rumah, cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, makan makanan yang bergisi dan menjaga jarak, hindari mobilisasi yang tidak perlu.

"Kami juga mengingatkan agar para nelayan tetap patuh protokol kesehatan selama menjalankan aktivitas di rumah maupun di luar rumah guna membantu mengendalikan penularan COVID-19," katanya.

Kehadiran personel Ditpolairud di tengah para nelayan untuk memastikan aktivitas berjalan tertib dan lancar. "Kami meminta kepada para warga untuk ikut serta berperan aktif mengawasi wilayah sekitar pesisir Lenteng sehingga kamtibmas tetap berjalan kondusif dan diharapkan tetap menjalin komunikasi ketika menemukan tindak pidana di perairan", pungkasnya