Kedatangan Kapolda dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT Disambut Meriah di Polres Malaka

Kedatangan Kapolda dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT Disambut Meriah di Polres Malaka

Tribratanewsntt.com - Suasana meriah menyambut kedatangan Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum, dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Ny. Vera Asadoma, di Polres Malaka pada Rabu (2/8/2023) sore.

Kedatangan orang nomor satu di Polda NTT disambut dengan pengalungan kain adat, pengalungan bunga dan buket bunga oleh Kapolres Malaka AKBP. Rudy J.J. Ledo, S.H., S.I.K., dan Ketua Bhayangkari Cabang Malaka Ny. Christina Rudy Ledo, yang menjadi momen yang mengesankan dan penuh kehangatan.

Pengalungan kain adat yang merupakan bagian dari tradisi menyambut tamu agung serta sebagai tanda penghormatan dan selamat datang.

Tidak hanya itu, Kapolda NTT juga menerima jajar kehormatan dari anggota Polres Malaka sebagai bentuk penghormatan dan pengakuan atas jabatan dan peran pentingnya dalam kepolisian. Upacara pengalungan kain adat ini menggambarkan kearifan lokal dan budaya daerah yang turut dijunjung tinggi dalam menyambut tamu agung.

Selanjutnya, Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT serta rombongan juga disambut secara adat (Hase Hawaka) oleh tokoh adat setempat, yang merupakan bagian dari tata cara adat istiadat menyambut tamu penting. Upacara Hase Hawaka ini mengandung nilai-nilai kebersamaan dan keakraban dalam budaya NTT.

Tarian adat Likurai yang dipentaskan oleh siswa-siswi SMA Negeri Harekale semakin menambah semarak acara penyambutan tersebut. Tarian ini memiliki makna simbolis sebagai ungkapan rasa syukur dan kegembiraan dalam menyambut kedatangan tamu agung.

Selanjutnya sapaan perkenalan oleh pejabat utama Polres dan Para Kapolsek Polres Malaka didampingi ibu Bhayangkari.

Usai menerima serangkaian penerimaan, Kapolda NTT dan rombongan disambut Bupati  Malaka Dr. Simon Nahak, S.H., M.H., dengan pengalungan dan pemakaian topi adat.

Tampak hadir juga dalam penyambutan ini, Wadanyon RK 744/SYB, Dandim 1605/Belu Letkol Arh Suhardi dan Pimpinan Forkopimda Malaka serta Danramil 1605-04 Betun, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Siswa / Siswi SMA Negeri Harekakae bersama Guru pendamping dan Insan Pers.

Kapolda NTT menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang meriah dan hangat dari seluruh masyarakat di Polres Malaka. Beliau menyatakan bahwa kedatangannya kali ini merupakan kesempatan istimewa untuk memperkuat sinergi dan kerjasama dengan seluruh pihak demi terciptanya keamanan dan ketertiban di wilayah NTT.

Sementara itu, Ketua Bhayangkari Daerah NTT juga mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dan menyampaikan keinginannya untuk terus mendukung program-program positif yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat di NTT.

Dengan disambut meriah oleh masyarakat di Polres Malaka, kedatangan Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT membawa pesan penting tentang pentingnya menjaga nilai-nilai budaya dan adat istiadat dalam membangun kerukunan dan kesatuan di NTT. Semoga sinergi yang terjalin akan membawa kebaikan dan kemajuan bagi NTT ke depannya.

Ikut mendampingi Kapolda NTT dalam kunjungan ini, Ka SPN Kupang Polda NTT Kombes Pol Nanang Putu Wardianto, Dirsamapta Polda NTT Kombes Pol Sudarmin, S.I.K., M.H., dan Kabidpropam Polda NTT Kombes Pol. Dr. Drs. Dominicus Savio Yempormase, M.H.