Pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru, Polda NTT Gelar Latihan Pra Operasi Lilin Turangga 2023

Pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru, Polda NTT Gelar Latihan Pra Operasi Lilin Turangga 2023

Tribratanewsntt.com, - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar kegiatan Latihan Pra Operasi Lilin Turangga 2023 dalam rangka mempersiapkan pengamanan menyeluruh menjelang Hari Raya Natal 25 Desember 2023 dan Tahun Baru 01 Januari 2024.

Kegiatan ini berlangsung di aula Rupatama lantai 3 Mapolda NTT dan dipimpin langsung oleh Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum, pada Jumat (15/12/23).

Latihan pra operasi Lilin Turangga 2023 ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kesiapan anggota Polri, termasuk peningkatan pengetahuan taktis dan teknis kepolisian.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan menciptakan kesamaan pola pikir, pola sikap, tindak, dan keterpaduan fungsi operasional dalam penanggulangan terhadap sasaran operasi yang ditentukan. Sasaran tersebut mencakup situasi yang aman, nyaman, dan sehat bagi umat yang melaksanakan ibadah.

Operasi Lilin Turangga tahun 2023 ini akan berlangsung selama 12 hari, dimulai dari tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, dengan tema "Melalui Bimtek Latihan Pra Operasi kita tingkatkan kemampuan dan profesionalisme Polri dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 guna memelihara keamanan dalam negeri".

Dalam sambutannya, Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Awi Setiyono, menekankan pentingnya pelaksanaan latihan pra operasi ini. Beliau menyatakan harapannya agar seluruh anggota Polri yang terlibat dapat bertindak sesuai prosedur hukum yang lebih professional dan proporsional.

Wakapolda juga menekankan pentingnya kerjasama dengan aparat keamanan lainnya, instansi terkait, dan potensi masyarakat yang turut mendukung pelaksanaan pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Diharapkan dengan adanya Operasi Lilin Turangga 2023 ini dapat mencegah sedini mungkin adanya tindak pidana atau gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi dengan menghadirkan sosok Polri di tengah-tengah masyarakat," ujar Wakapolda NTT.

Kegiatan latihan pra operasi ini dijadwalkan akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 15 dan 16 Desember 2023.

Dengan adanya latihan ini, diharapkan Polri dapat menghadapi situasi apapun dengan profesionalisme dan kesiapan maksimal, menjaga keamanan dalam negeri selama perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.