Personel Polda NTT Terus Jaga Kamtibmas dan Bantu Korban Erupsi Gunung Lewotobi

Personel Polda NTT Terus Jaga Kamtibmas dan Bantu Korban Erupsi Gunung Lewotobi

Tribratanewsntt.com - Dalam operasi "Aman Nusa II," personel BKO Samapta Polda dan Polres Flores Timur (Flotim) terus menjaga stabilitas kamtibmas serta memberikan bantuan kemanusiaan dengan melaksanakan patroli di wilayah terdampak Erupsi Gunung Lewotobi. Minggu (21/1/2024).

Meskipun masih berstatus Awas (level IV) sejak beberapa pekan lalu, personel tersebut berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada masyarakat.

Dalam patroli gabungan, personel tidak hanya menjaga kamtibmas tetapi juga memberikan imbauan, edukasi, pembagian masker, dan penyaluran air bersih di tempat pengungsian.

Kabidhumas Polda NTT, Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K., menyampaikan bahwa patroli ini dilakukan di beberapa titik desa yang terdampak langsung di sekitar lereng Gunung Lewotobi yang masuk dalam zona merah.

"Personel Polri terus berkoordinasi dengan Tim Gabungan SARNAS Posko Tanggap Bencana Alam Kabupaten Flotim untuk memastikan bantuan dan imbauan terkoordinasi dengan baik," jelas Kabidhumas.

Saat ini, jumlah pengungsi mencapai 6229 jiwa, dan personel Polri secara aktif memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi petunjuk dan himbauan pemerintah daerah, terutama dalam situasi tanggap darurat bencana yang telah ditetapkan.

Dengan status Gunung Lewotobi yang masih berada pada level Awas, personel Polri tetap waspada dan siaga, menjalankan langkah-langkah pencegahan untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi, terutama di zona merah dan sekitarnya.