Polda NTT Gelar Pembekalan dan Pelatihan Keterampilan Pra Pensiun Bagi Anggota Polri dan PNS Polri T.A. 2020

Polda NTT Gelar Pembekalan  dan Pelatihan Keterampilan Pra Pensiun Bagi Anggota Polri dan PNS Polri T.A. 2020

Tribratanewsntt.com - Polda NTT gelar kegiatan pembekalan dan pelatihan keterampilan pra pensiun bagi Anggota POLRI dan PNS Polda NTT Tahun Anggaran (T.A.) 2020.

Kegiatan yang dilangsungkan di Hotel Sylvia Kupang, Senin (16/11/2020)  ini dibuka oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si.

Hadir mendampingi Wakapolda NTT, Karo SDM Polda NTT dan Kabagdalpers Biro SDM Polda NTT AKBP Hellen Pattikawa serta Kabagmunjab Biro SDM Polda NTT AKBP Achmad Muzayin.

Kegiatan ini ditandai dengan pengalungan kartu peserta pelatihan dan pembekalan oleh Wakapolda NTT kepada perwakilan peserta.

Dalam sambutan Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum yang dibacakan oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si menyampaikan bahwa, Kegiatan ini sebagai salah satu tawaran alternatif mempersiapkan diri menjelang masa pensiun dengan kegiatan produktif berbasis kewirausahaan di bidang pertanian atau hydrophonik yang telah disesuai dengan kultur dan kearifan iklim NTT, yang dibimbing secara langsung oleh mitra usaha Bank PTPN Cabang Kupang.

Dikatakannya, Persepsi tentang pensiun dapat menjadi "momok" (syndrome) yang menakutkan bila tidak di-manage atau dipersiapkan secara baik dapat berpotensi stress, karena penghasilan harus berkurang namun kebutuhan cenderung meningkat. Bagi yang telah mempersiapkan secara baik untuk menghadapi masa pensiun merasa bahwa masa pensiun adalah masa yang menyenangkan karena tidak terikat lagi dengan dinas dan memiliki banyak waktu luang.

"Namun sebaliknya, bagi yang belum siap menerima kenyataan memasuki masa pensiun maka masa menjelang pensiun harus ditata dan dipersiapkan secara baik sejak dini dengan rencana kegiatan produktif lainnya agar dengan banyak waktu luang yang ada pasca pensiun dapat dimanfaatkan untuk menopang pendapatan ekonomi rumah tangga masing-masing", ujar Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si.

Dengan kegaiatan ini diharapkan para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar sungguh-sungguh apa yang akan diajarkan oleh para pemateri.

"Oleh karena itu, saya harapkan agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan pelatihan dan pembekalan ini untuk belajar secara serius dan bertanya secara sungguh-sungguh kepada para pemateri atau pelatih yang telah dipersiapkan oleh panitia. Disamping itu, panitia juga menghadirkan motivator yang telah berpengalaman memberikan motivasi diberbagai instansi pemerintah dan TNI / POLRI untuk mempersiapkan diri menjelang masa pensiun", harapnya.

Lanjutnya, selain kegiatan pelatihan tersebut, Polda NTT juga telah bekerja sama dengan Bank BTPN (Bank Tabungan Pensiun Nasional) Cabang Kupang untuk penyiapan peluang kredit permodalan pengembangan kewirausahaan yang telah digeluti ataupun yang akan ditekuni pasca pelatihan dan pembekalan. Kiranya moment Ini Dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, untuk direncanakan mulai dari sekarang kegiatan kewirausahaan apa yang akan dilaksanakan pasca pensiun nanti.

"Kepada 96 peserta yang mengikuti pembekalan dan pelatihan keterampilan pra pensiun hari ini dan besok sekali lagi, saya mengharapkan agar dapat memanfaatkan momentum ini sebaik-baiknya untuk belajar secara sungguh-sungguh supaya ketika kembali ke daerah asal telah mempunyai pengalaman dan pengetahuan baru yang siap dipraktekan", ucapnya.

"Selanjutnya selaku pimpinan Polda NTT saya, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada bapak ibu para peserta pelatihan keterampilan ini semoga bermanfaatkan dan dapat dijadikan peluang usaha baru menjelang masa pensiun nanti agar dapat menopang ekonomi keluarga. Akhirnya saya mengucapkan "selamat menjalani masa pensiun nantinya dengan penuh suka cita", pungkasnya.