Polda NTT Lepas Irjen Pol. Drs. Hamidin Dengan Prosesi Pedang Pora

Polda NTT Lepas Irjen Pol. Drs. Hamidin Dengan Prosesi Pedang Pora

Tribratanewsntt.com - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) secara resmi melepas Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Drs. Hamidin dengan menggelar upacara pedang pora di Mapolda NTT, Kamis (4/9/2020) pagi.

Irjen Pol. Drs. Hamidin bersama istri tercinta Ny. Julachmi Hamidin, resmi meninggalkan Mapolda NTT setelah melalui prosesi tradisi tersebut. Sebelumnya, Rabu pagi (3/9/2020) kemarin telah dilakukan penyerahan pataka dari Irjen Pol. Drs. Hamidin kepada Kapolda NTT yang baru Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., di Lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT.

Upacara pedang pora ini diawali dengan pengalungan bunga dari Kapolda NTT kepada Irjen Pol. Drs. Hamidin dan penyerahan kain tenun khas NTT dan penyerahan buket bunga dari Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Evi Lotharia Latif kepada Istri Irjen Pol. Drs. Hamidin sebagai tanda penghormatan. Dilanjutkan dengan laporan perwira upacara disertai prosesi pedang pora.

Irjen Pol. Drs. Hamidin ditemani oleh istri perlahan-lahan melangkah melewati Prosesi pedang pora yang disejajarkan, sambil diiringi lagu. Selanjutnya bersalaman dengan pejabat utama dan personel yang berdiri di kanan-kiri seolah-olah membuat pagar hingga pintu gerbang Mapolda NTT.

Upacara pedang pora adalah upacara dalam kemiliteran yang dilakukan oleh Kepolisian dan TNI saat melepas dan mengantar salah seorang anggotanya memasuki kehidupan baru. Pedang pora sendiri adalah jajaran pedang kehormatan berbentuk gapura yang akan dilewati oleh yang bersangutan.

Pada prosesi pedang pora, penghunusan pedang itu mengandung makna bahwa dengan jiwa ksatria (mantan Kapolda dan Kapolda baru) siap menghadapi segala rintangan yang akan dihadapi dalam kehidupan. Selanjutnya yang mereka berjalan dibawah pedang pora yang kemudian secara perlahan mulai terangkat saat dilewati.

Setelah melalui prosesi ini, malam nanti, Polda NTT juga akan menggelar acara kenal pamit Kapolda NTT yang bertempat di Lapangan Hitam Mapolda NTT.