Satu Barak SPN Polda NTT dijadikan Salter Isolasi Mandiri Pasien Covid-19  Kategori Sedang

Satu Barak SPN Polda NTT dijadikan Salter Isolasi Mandiri Pasien Covid-19  Kategori Sedang

Tribratanewsntt.com - Polda NTT menyiapkan 1 barak di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda NTT, Kota Kupang sebagai tempat karantina bagi pasien covid-19 kategori sedang.

Di barak ini disediakan 30 tempat tidur dan lebih dikhususkan bagi masyarakat kurang mampu yang membutuhkan isolasi mandiri.

"Kita tambah selter di SPN berupa satu barak yang dilengkapi 30 tempat tidur. Jika ada masyarakat kurang mampu dan butuh isolasi mandiri karena terpapar virus covid 19 maka bisa memanfaatkan fasilitas di SPN," ujar Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH MHum, Rabu (21/7/2021).

Selain tempat tidur, pihak Polda NTT juga menyiapkan 1 tim tenaga kesehatan untuk menangani pasien covid 19 isolasi mandiri.

"Kita tangani (pasien) yang ringan dan sedang. (Pasien) yang berat bisa ke rumah sakit," tandas jenderal polisi bintang dua ini.

Kapolda NTT  mengatakan jika kasus positif covid-19 terus bertambah dan tidak tertangani lagi di fasilitas kesehatan, akan ditampung di tempat penampungan tersebut.

"Ini opsi terburuk, kita juga siapkan satu tim tenaga medis dari rumah sakit Bhayangkara Kupang," tambahnya.

Menurut Kapolda NTT perlu disiapkan shelter bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif namun bergejala ringan, sehingga tingkat penggunaan tempat tidur di rumah sakit hanya utk masyarakat dengan gejala yang parah dan membutuhkan penanganan lebih intensif.


"Polri sudah siapkan 30 tempat tidur sebagai shelter untuk tambahan BOR untuk isolasi", terangnya.

Kapolda juga perintahkan Karoops Polda NTT untuk mendorong para Kapolres jajaran yang belum mempunyai tempat isolasi terpusat untuk berkoordinasi dengan Pemda guna menyiapkan atau menyediakan tempat isolasi terpusat.