Awasi Pelaksanaan Ops Lilin 2022, Tim Wasops Itwasum Polri Kunjungi Polda NTT

Awasi Pelaksanaan Ops Lilin 2022, Tim Wasops Itwasum Polri Kunjungi Polda NTT

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka Pengawasan Operasi (Wasops) Lilin 2022, Tim Itwasun Polri melakukan kunjungan ke Polda NTT, Selasa (27/12/2022).

Tiba di Polda NTT, Tim Itwasum Polri disambut oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., diruang kerjanya.

Adapun Tim Wasops Lilin - 2022 Itwasum Polri dipimpin oleh Irbidjemen SDM II Itwil IV Itwasum Polri Brigjen Pol. Dr. Siti Ibnu Masitah Handayani, M.Si., didampingi Auditor Itwil V Itwasum Polri Kombes Pol. Ir. Zul Efendi, M.T., selaku sekertaris dan Auditor Itwil V Itwasum Polri Kombes Pol. Yudi Hermawan, S.H., S.I.K.

Selanjutnya, Brigjen Pol. Dr. Siti Ibnu Masitah Handayani, M.Si., selaku Ka tim Wasops Lilin 2022 di Polda NTT didampingi Irwasda Polda NTT Kombes Pol Zulkifli, S.S.T.M.K., S.H., M.M., dan Karoops Polda NTT Kombes Pol. Widoni Fedri, S.I.K., S.H., membuka Kegiatan Wasops Lilin - 2022.

Kegiatan yang digelar ruang Vicon Lantai II Mapolda NTT ini dihadiri oleh para pejabat utama Polda NTT selaku Kasatgas dan para perwira perwakilan satker Polda NTT yang selaku pejabat Satgas Ops Lilin.

Dalam kesempatan itu, Irwasda Polda NTT menyampaikan selamat datang kepada Tim Itwasum Polri di Polda NTT.

Selanjutnya dalam sambutan, Brigjen Pol. Dr. Siti Ibnu Masitah Handayani, M.Si., menyampaikan kedatangannya bersama tim di Polda NTT ini dalam rangka pengawasan OPS lilin 2022.

"Jadi kedatangan kami untuk memastikan bahwa pelaksanaan operasi sudah sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pimpin", ucap Ka tim Wasops Lilin 2022.

Dijelaskannya, ada beberapa penekanan dari Irwasum Polri Komjen Pol. Drs. Agung Budi Maryono, M.Si., yang mana pengawasan ops lilin di Polda NTT menjadi perhatian terkait bencana.

"Tadi kami sudah melaporkan ke Bapak Kapolda NTT. Jadi kedepannya untuk menghadapi bencana salah satu diawali dengan yang sudah terjadi dan beberapa yang lalu yang sudah bisa diatasi oleh wilayah (Polda) dan tadi sudah dilaporkan. Nanti kami akan kompulir seluruh hasil tindak lanjuti yang sudah dilaksanakan terkait bencana dan selanjutnya kedepannya akan mitigasi adanya bencana sehingga nantinya akan ada atensi pimpinan terhadap situasi Polda NTT dengan wilayah yang saat ini merupakan salah satu wilayah rawan bencana", jelasnya.

Dikatakannya arahan dari Kapolda NTT menyampaikan bahwa masing-masing Kasatgas sudah mempunyai kegiatan yang ada. Untuk itu lebih difokuskan lagi khususnya untuk bencana.

"Untuk tingkat kerawanan lainnya disampaikan Bapak Kapolda NTT disini tidak terlalu tinggi. Terkait Untuk kegiatan malam tahun baru lebih difokuskan pada miras, kebut-kebutan dan perkelahian akibat miras. Ini kegiatan paling utama di malam tahun baru", katanya.

Namun dari Irwasum sendiri memberikan penekanan di malam acara tahun baru yakni pengendalian kerumunan masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19

"Jadi jangan sampai nanti kerumunan yang akan memberikan dampak penyebar covid kembali. Meskipun dari pemerintah tidak melarang untuk tahun ini. Namun dari kita (Polri) selaku pengawas Kamtibmas diminta untuk tetap memperhatikan yakni keributan, kerumunan dan penyebaran covid. Ini saja arahan pimpinan dan kita akan tindaklanjuti", terangnya.

NTT merupakan wilayah kepulauan dan terdapat wisata Super premium di labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat menjadi sasaran kunjungan wisatawan yang perlu diantisipasi pencegahannya yang harus masuk pada perencanaan dalam rencana aksi dengan penanganannya yang lebih konkrit.

"Adanya potensi bencana alam, dengan kondisi ini agar ditindaklanjuti dengan menentukan tindakan penanggulangannya", tandasnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan melakukan peninjauan ke Posko Ops Lilin TURANGGA 2022 oleh Tim Itwasun Polri.

Diketahui, Tim Irwasum Polri akan melakukan pendalaman Satgas Polda NTT dan Polres jajaran Polda NTT selama tiga hari terhitung dari Tanggal 27 sampai dengan 30 Desember 2022.