Kapolda NTT Pimpin Sertijab Kapolres Ende dan Kapolres Alor

#Sertijab

Kapolda NTT Pimpin Sertijab Kapolres Ende dan Kapolres Alor
Kapolda NTT Pimpin Sertijab Kapolres Ende dan Kapolres Alor

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin pimpin serah terima jabatan (Sertijab) Kapolres Ende dan Kapolres Alor di Mapolda NTT, Jumat (10/7/2020) pagi.

Hadir dalam upacara ini, Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum, Irwasda Polda NTT Kombes Pol Drs. Tavip Yulianto, S.H., M.H., M.Si. dan Para Pejabat Utama serta Kapolres Jajaran Polda NTT.

Jabatan Kapolres Ende diserahterimakan dari AKBP Andhika Bayu Adhitama, S.I.K., M.H. kepada AKBP Albertus Andreana, S.I.K yang sebelumnya menjabat Kasubdir V Ditreskrimsus Polda Kalimantan Timur. AKBP Andhika Bayu Adhitama, S.I.K., M.H. selanjutnya melaksanakan tugas sebagai Kapolres Demak, Polda Banten.

Sementara Kapolres Alor diserahterimakan dari  AKBP Darmawan Marpaung, S.I.K., M.Si kepada AKBP Agustinus Christmas Tri Suryanto, S.I.K. sebelumnya menjabat Kasubdit II Ditintelkam Polda Maluku. AKBP Darmawan Marpaung, S.I.K., M.Si melaksanakan tugas sebagai pamen Yanma Polri.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin menyatakan bahwa, bagi organisasi Polri pelaksanaan mutasi sejalan dalam rangka menjaga dinamika operasional dan penyegaran proses manajerial organisasi serta pembinaan karier personil Polri, tujuan mutasi jabatan diharapkan akan memacu inovasi dan kreatifitas yang positif untuk pengembangan karir pejabat yang bersangkutan.

"Pergantian pejabat diharapakan terus  menjaga kontinuitas pelaksanaan program Polri yang telah dirumuskan agar terlaksana secara efektif dan efisien. namun tentu saja harapan institusi tidak berhenti pada titik tersebut. Pejabat yang baru diharapkan dapat memberikan peningkatan kualitas kinerja kesatuan dalam memenuhi tuntutan serta harapan masyarakat", kata Irjen Pol Drs. Hamidin.

"Harapan masyarakat tentu saja personil kita dapat melaksanakan tugas pokoknya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, pemelihara kamtibmas dan penegak hukum secara profesional, modern dan terpercaya yang senantiasa menjunjung tinggi hak asasi manusia", tambahnya.

Disampaikannya, kapolres dalam pelaksanaan tugas memimpin polres selalu bertanggung jawab kepada kapolda. Tak hanya itu Kapolres bertugas memimpin, membina, mengawasi dan mengendalikan satuan-satuan organisasi di lingkungan polres dan unsur pelaksana kewilayahan dalam jajarannya, serta memberikan saran pertimbangan kepada kapolda sesuai peraturan perundangan.

"Perlu diingat, kapolres merupakan jabatan yang sangat strategis sebagai pimpinan kesatuan di tingkat kewilayahan dan pimpinan kesatuan operasional dasar, dimana didalamnya terdapat satuan dan unit kerja yang lengkap dengan didukung semua sumber daya manusia, anggaran, sarana prasarana guna memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan tantangan tugas tersebut maka seorang kapolres wajib mengetahui dan memahami semua permasalahan internal di kesatuan yang dihadapinya, serta memahami berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat, baik masalah sosial kemasyarakatan maupun masalah yang berkaitan dengan kamtibmas", terangnya.

Lanjutnya, oleh karena itu, seorang kapolres harus wajib memiliki kemampuan manajerial sehingga menghasilkan organisasi yang efektif dan efisien.

Diakhir sambutannya, Kapolda NTT menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pejabat yang lama atas dedikasi dan kinerjanya selama menjabat dan ucapan selamat atas promosi jabatan kepada kedua pejabat yang baru.

"Kepada AKBP Darmawan Marpaung, S.I.K., M.Si, dan AKBP Andhika Bayu Adhitama, S.I.K., M.H. saya selaku pimpinan Polda NTT mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kinerja saudara selama menjabat sebagai Kapolres Alor dan Kapolres Ende. semoga tali persaudaraan tetap terjalin di masa yang akan datang", ucapnya.

"Kepada pejabat baru, AKBP Agustinus Christmas Tri Suryanto, S.I.K. dan AKBP Albertus Andreana, S.I.K., saya juga ucapkan selamat atas kepercayaan pimpinan polri dalam promosi jabatan baru saudara menjadi Kapolres Alor dan Kapolres Ende, segera menyesuaikan diri di lingkungan dan tempat tugas yang baru serta kuasai situasi dan kondisi yang ada, teriring doa semoga sukses", pungkasnya.