Tim Itwasum Polri Gelar Wasops terkait Program BTPKLWN dan BTP/BLT Migor di Wilayah Polda NTT

Tim Itwasum Polri Gelar Wasops terkait Program BTPKLWN dan BTP/BLT Migor di Wilayah Polda NTT
Wakapolda NTT menerima Tim Wasops Itwasum Polri di Mapolda NTT, Kamis (2/6)

Tribratanewsntt.com - Tim Itwasum Polri gelar Pengawasan Operasi (Wasops) terkait program penyaluran BTPKLWN dan BTP/BLT Minyak Goreng di wilayah Polda NTT, Kamis (2/6/2022).

Tim Itwasum Polri dipimpin oleh Analis Kebijakan Utama Bidjemenops Brigjen Pol Drs. Suherman bersama Kombel Pol Agus Budi Karyanto dan Kombes Pol M Agung Suyono, S.I.K.

Tiba di Mapolda NTT, Tim Wasops disambut oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Heri Sulistianto bersama  Kabidkeu Kombes Pol. Drs. Sofyan Tanjung.

Ketua Tim Wasops Brigjen Pol Drs. Suherman menyampaikan bahwa pegawasan ini perlu dilakukan karena kegiatan program BT-PKLWN  dan BT-P Minyak Goreng terhadap kegiatan penyaluran bantuan tunai di Polda NTT presentasenya hingga saat ini masih rendah. 

"Melalui kegiatan ini kita harapkan kendala yang dihadapi bisa disampaikan sehingga secepatnya dapat tindaklanjuti", harap Brigjen Pol Drs. Suherman.

Sementara itu, Kabidkeu Polda NTT menyampaikan bahwa sejauh ini pelaporan terkait penyaluran BT-PKLWN dan BT-P Minyak Goreng per tanggal 31 Mei 2022 oleh Polda NTT yakni, Penyaluran BT-PKLWN sudah mencapai 59.696 orang (40,20%) dengan target 148.500 orang.

"Sedangkan untuk Penyaluran BT-P Migor sudah mencapai 36.347 orang (49,04%) dengan target 74.116 orang", terang Kombes Pol Drs. Sofyan Tanjung.

Dikatakannya, dalam kegiatan ini Tim Wasops Itwasum Polri melakukan pemeriksaan pendalaman materi, pihaknya menjelaskan terkait mekanisme penyaluran, hasil revisi dari BPK Provinsi NTT dan penyampaian kendala yang dihadapi.

Terkait pemeriksaan, kita jelaskan kepada Tim Wasops tentang Mekanisme penyaluran BT-PKLWN dan BT-P Migor dari proses penginputan data calon penerima sampai dengan proses penyaluran bantuan ke masyarakat. Kemudian menyampaikan hasil review dari BPKP provinsi NTT terhadap pengawasan dan monitoring di Polres TTS dan tentunya juga menyampaikan kendala yang dihadapi dalam proses penyaluran bantuan tunai terhadap presentase penyaluran yang masih rendah", tandas Kabidkeu Polda NTT.

Wakapolda NTT dan Kabidkeu dampingi Tim Wasops Itwasum Polri saat kegiatan pengawasan penyaluran Program BTPKLNW dan BT-P Migor di Polresta Kupang Kota, Kamis (2/6).

Pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim Wasops ini pun dilanjutkan di Polresta Kupang Kota dengan sasaran tiga Polres yakni, Polresta Kupang Kota, Polres TTS dan Polres Belu, dimana pemeriksaan difokuskan pada dokumen pertanggungjawaban keuangan dana BT-PKLWN dan BT-P Minyak Goreng dan kendala yang dihadapi dalam proses penyaluran bantuan.